beberapa jenis bahan kimia berbahaya pada makanan


Saat ini  telah banyak makanan – makanan yang telah mengandung bahan-bahan kimia berbahaya untuk kesehatan kita tentunya baik dalam jangka waktu panjang ataupun pendek. Beberapa alasannya yaitu agar makanan bisa lebih tahan lama, meningkatkan cita rasa dan dari segi warna agar terlihat lebih menarik perhatian para pembeli.
 bahan kimia yang sering kita jumpai  saat ini pada makanan yaitu borak dan formalin yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Kedua bahan tersebut adalah bagian dari bahan kimia yang dapat merusak kesehatan, dan masih banyak lagi bahan kimia makanan lain yang berbahaya untuk di konsumsi secara terus-menerus
beriikut ini ada 10 bahan kimia berbahaya yang terdapat pada makanan


1.     -  Bahan kimia makanan  “Sakarin” atau “saccharin”
Sakarin kita kenal sebagai bahan pemanis buatan yang mampu menghasilkan cita rasa manis hingga 550 kali gula biasa.bentuknya seperti bubuk putih dan tidak berbau.sakarin ini banyak digunakan sebagai campuran makanan untuk pengganti gula dengan harga yang jauh lebih murah.biasanya dalam industry kue dan minuman
Sakarin yang mengendap dalam ginjal akan memicu pertumbuhan kanker mukosa kandung kemih para pakar epidemiolog dan kesehatan tidak merekomendasikan penggunaan sakarin sebagai campuran pada makanan dan minuman karena telah terbukti berbahaya bagi kesehatan.
Apalagi banyaknya di kalangan orang dewasa , remaja , bahkan anak-anak yang  jajan di pinggir-pinggir jalan, di depan sekolah, di kampus, dll. Sementara tidak ada satupun yang dapat memastikan bahwa makanan dan minuman yang mereka makan tersebut memiliki jaminan untuk kesehatan.
2.       -Bahan kimia makanan “siklamat” atau “cyclamate”
Siklamat ini juga dikenal sebagai campuran bahan makanan dan minuman untuk member cita rasa manis.hanya kadarnya lebih rendah di banding dengan sakarin, kurang lebih sekitar 30 kali manis gula biasa. Penggunaan siklamat ini bila dalam jumlah yang banyak maka akan menimbulkan rasa getir.itu sebabnya mengapa siklamat jauh popular dari pada sakarin.
Penggunaan siklamat ini dapat mengakibatkan pecahnya sel kromosom dalam medium biakan sel leukosit. Di beberapa Negara maju penggunaan siklamat ini telah dilarang.namun di Indonesia masih saja di temukan penggunaan bahan ini secara illegal.
3.       -Bahan kimia makanan “nitrosamine”
Nitrosamine adalah bahan kimia yang biasanya digunakan untuk member aroma yang khas pada makanan, contohnya keju,sosis, kornet, dendeng olahan, dll. Kadang-kadang digunakan pula untuk mempertahankan warna asli daging.
Bentuknya seperti garam berupa Kristal dan bongkahan yang tidak berbau.warnanya  agak kekuning-kuningan. nitrosamin ini terbukti bersifat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker dengan mengubah DNA tubuh dan mengganggu proses metabolism. Karsigonik juga dapat mengendap dalam paru-paru dan memicu adanya kanker.
4.      - Bahan kimia makanan “monosodium glutamat ( MSG )”
Monosodium glutamat lebih kita kenal dengan vetsin atau penyedap rasa, hampir semua jenis makanan mengandung bahan ini untuk meningkatkan cita rasanya. Padahal vetsin memiliki efek degenerasi dan nekrosi sel-sel neuron, sel-sel saraf lapisan dalam retina, bahkan menyebabkan mutasi sel, dan juga menyebabkan kanker kolon dan hati.
Vetsin yang mengendap dalam ginjal juga mengakibatkan resiko kanker ginjal,kanker otak, dan merusak jaringan lemak. Oleh sebab itu hindari penggunaan vetsin pada setiap masakan anda untuk mengurangi dampak negative yang ditimbulkan.
5.       -Bahan kimia makanan “rhodamin B”
Rhodamin B merupakan serbuk Kristal yang berwarna merah keunguan,dan ketika dilarutkan dalam air akan berubah merah berpendar yang dapat menggugah selera. Zat ini sangat berbahaya bagi tubuh jika terhirup,iritasi pada kulit,gangguan pencernaan berupa iritasi lambung dan kanker hati
Rhodamin B merupakan bahan pewarna sintesisdalam industry tekstil dan kertas. Yang Secara illegal digunakan untuk bahan campuran pada makanan.makanan yang mengandung bahan ini dapat kita kenali dari warna yang mencolok dantidak wajar, banyak terdapat titik-titk warna karena tidak homogen.biasanya digunakan pada industri kerupuk, terasi, dan makanan kecil untuk anak-anak.
6.       -Bahan kimia makanan “metanil yellow”
Jika rhodamin memberikan warna merah , maka metanil yellow memberikan warna kuning. Keduanya sama-sama bahan pewarna sintesis yang digunakan pada industri tekstil dan cat.bentuknya dapat berupa padatan maupun serbuk.
Tingkat bahayanya hampir sama dengan rhodamin B.dan bahan ini biasanya digunakan secara illegal pada industry mie,kerupuk, dan jajanan yang berwarna kuning mencolok.
7.       -Bahan kimia makanan “formalin”
Formalin merupakan bahan kimia dalam industry kayu lapis,dan digunakan bahan yang disinfektan pada rumah sakit. Formalin digunakan secara illegal untuk bahan pengawet.contonya mie basah bisa awet dalam beberapa hari tanpa disimpan dalam lemari pendingin, tahu yang berformalin tidak rusak sampai 4-5 hari, ikan dan daging juga tidak busuk dalam 3 hari.
Zat ini sangat berbahaya bila terlelan,atau di konsumsi.kulit yang terkena formalin akan terasa terbakar,bahkan menyebabkan pendarahan didalam tubuh, formalin juga dapat menyebabkan kerusakan hati,jantung, otak, limfa, dan system saraf pusat.
8.       -Bahan kimia makanan “borak”
Borak adalah bahan pengawet kayu dan antiseptic pengontrol kecoa. Fungsinya hampir sama dengan pestisida.borak berbentuk serbuk Kristal putih dan tidak berbau serta mudah larut dalam air.
Borak digunakan secara illegal dalam industry makanan bakso dan kerupuk , karena dapat memberi efek bagus pada tekstur makanan.contohnya bakso yang menggunakan borak maka akan lebih kenyalrenyah dan tahan lama.kerupuk dengan borak pun akan lebih renyah dan empuk.
Padahal borak adalah bahan pembersih dan pengawet kayu dengan fungsi antiseptic.borak dapat mengakibatkan gangguan pada otak,hati, lemak, dan ginjal. Dalam jumlah besar borak bisa mematikan, koma, depresi, kerusakan ginjal bahkan mati.
9.     -  Bahan kimia makanan “Acrylamide”
Acrylamide  adalah zat kimia yang terdapat pada jenis makanan panggang seperti serealia, roti creckres, dan sebagainya dan merupakan produk sampingan  karbohidrat yang diolah dengan temperature tinggi. Zat ini juga tidak baik untuk kesehatan karena memiliki hubunganerat dengan kolestrol.
10.   -Bahan kimia makanan “bisphenol A”
Bisphenol A adalah zat kimia yang terdapat pada plastic penyimpan makanan, zat tersebut dapat bocor dan meresap kedalam makanan,kemudian di konsumsi oleh manusia. Zat ini meningkatkan resiko kanker payudara

0 komentar:

Posting Komentar