molekul

Label:


Molekul adalah partikel netral yang terdiri dari dua atau lebih atom, baik atau sejeni ( disebut molekul unsure contohnya molekul oksigen ) atau atom yang berbeda jenis ( disebut molekul senyawa contohnya molekul air ). Pembentukan molekul  umumnya terjadi dari unsure-unsur nonlogam. atom-atom dalam satu molekul dikukuhkan oleh suatu gaya yang disebut ikatan kovalen. Beberapa contoh molekul dalam kehidupan antara lain :
  • oksigen ( O2 )

Diudara unsure oksigen berupa molekul diatomic. Oksigen berfungsi untuk melangsungkan reaksi pembakaran dalam tubuh manusia. Kadar oksigen dalam udara tetap sebesar 21%.
  •          Ozon ( O3 )

Ozon merupakan bentuk lain dari oksigen, yaitu sebagai molekul triatomik. Ozon terdapat dilapisan atmosfer dan berfungsi menyerap radiasi sinar ultraviolet dari matahari. Ozon merupakan gas yang sangat reaktif.


  •          Nitrogen ( N2 )

Sekitar 78% dari volum udara terdiri atas nitrogen. Nitrogen juga terdapat dalam bentuk molekul diatomic. Proses pengubahan nitrogen di udara menjadi senyawa nitrogen yang larut dalam air disebut fiksasi nitrogen.
  •          Air ( H2O )

Setiap molekul air terdiri dari dua atom hydrogen yang bergabung dengan satu oksigen. Air dapat berperan menaikkan suhu permukaan bumi. Uap air yang berada di udara berperan dalam menentukan suhu permukaan bumi melalui efek rumah kaca.
  •          Karbondioksida ( CO2 )

Gas ini terdapat diudara dalam kadar yang kecil sekitar 0,035%. Gas ini berasal dari proses pembakaran bahan bakar fosil  ( batu bara, minyak bumi, dan gas alam ), juga dari pernafasan. Namun belakangan ini  terjadi peningkatan kadar karbondioksida di udara yang menyebabkan suhu permukaan bumi menjadi meningkat.  Hal ini dikarenakan oleh ulah manusia yang membakar hutan dan pembakaran bahan bakar fosil di industry.
  •          Metana ( CH4 )

Gas ini merupakan komponen utama penyusun gas alam. Nama lain gas ini adalah gas tambang ( karena terdapatdalam tambang batu bara ) atau gas rawa (karena terdapat di rawa sebagai hasil penguraian material organic )
  •          Karbonmonoksida ( CO )

Gas ini sangat beracun yang dapat menyebabkan sesak nafas hingga menyebabkan kematian. Zat ini dapat diperoleh dari sisa hasil pembakaran kendaraan bermotor dan asap industry. Gas ini dapat terbentuk karena pembakaran yang tidak sempurna dari bahan bakar yang mengandung karbon.
·         Klorofluorokarbon ( CFC )
CFC ini adalah kelompok senyawa molekul yang mengandung unsure klorin ( Cl ), fluorin ( F ), dan karbon ( C ). Zat ini digunakan dalam AC pendingin mobil, lemari es sebagai cairan pendingin. Molekul ini tidak beracun namun sangat stabil sehingga dapat meninggalkan lapisan troposfer. Di lapisan ini terdapat ozon yang sangat reaktif, senyawa CFC ini ternyata dapat bereaksi dengan ozon sehingga lama kelamaan ozon akan semakin menipis ( lubang ozon ). Jika hal itu sampai terjadi maka radiasi ultraviolet akan semakin banyak yang sampai di permukaan bumi yang dapat menyebabkan kanker kulit, kenaikan suhu, bahkan kematian.



















0 komentar:

Posting Komentar