isomer

Label:







isomer merupakan molekul-molekul dengan rumus kima yang sama (dan sering dengan jenis ikatan yang sama), namun memiliki susunan atom yang berbeda. senyawa dengan rumus molekul yang sama namun berbeda dalam rumus bangun atau struktur molekulnya disebut dengan isomer.
gambar 12.6

dalam senyawa hidrokarbon jenuh, isomer yang terjadi karena adanya perbedaan atom atau gugus yang mengganti atom hidrogen dalam rantai utama dalam senyawa hidrokarbon.contoh sederhana dari bentuk isomer ini ditunjukan denan atom karbon yang mengikat 3 buah gugus metil, sedangkan isomernya mengikat 1 gugus metil,2 atom hidrogen dan 1 gugus etil seperti pada gambar  di samping.
perbedaan struktur molekul menyebebkan perbedaan sifat fisik, molekul utama memiliki titik leleh -138*C, dan titik didih -1*C dengan densitas 0,58g/ml, sedangkan molekul kedua memiliki titik leleh -159*C,dan titik didih -12*C dengan densitas 0.55g/ml.


bentuk isomer lainnya adalah adanya perbedaan gugus yang dikandung dalam senyawa hidrokarbon seperti pada gambar berikut :  

gambar 12.7
pada gambar tampak terlihat sebuah molekul dengan rumus yang sama C2H6O, dalam senyawa ini terdapat 2 atom C,1 atom O, dan 6 atom H.perbedaan terletak pada posisi atom oksigen, senyawa pertama atom oksigen berposisipada atom C primer -C-O-H, sedangkan molekul kedua atom oksigen terletak antara dua atom karbon (-C-O-C-).
perbedaan ini menyababkan adanya perbedaan sifat fisika dan sifat kimia dari kedua molekul tersebut. senyawa hidrokarbon dapat diklasifikasikan atas dua golongan besar yaitu senyawa hidrokarbon jenuh dan senyawa hidrokarbon tidak jenuh .
senyawa hidrokarbon jenuh bercirikan ikatan tunggal antar atom karbon sebagai penyusun rantai utamanya,berbeda dengan senyawa hidrokarbon tidak jenuh yang dapat membentuk ikatan rangkap dua atau rangkap tiga antar atom karbon penyusunnya.










0 komentar:

Posting Komentar